Unknown

pengertian I/O Stream
 I/O -> adalah singkatan dari Input / Output dan mengacu pada transfer data ke atau dari aplikasi.
Stream ->  Keadaan dari sebuah file atau sebuah device yang memungkinkan rangkaian item dapat dibaca atau ditulis

Input atau Stream Sumber
- Dari stream ini dapat membaca
- Superclass dari semua input streams:
* Class InputStream
* Class Reader
Output
- Kita dapat menulis pada stream ini
- Class root dari stream ini:
* Class OutputStream
* Class Writer 
Overview I/O 
1. Konsep Stream
2. Kelas Abstrak pada java.io
3. Reader/Writer
4. Input dan Output file
5. Wrapper

1. Konsep Stream
Stream adalah suatu abstraksi untuk data input dan output.
– Tidak peduli dari mana input berasal atau kemana output akan pergi 
  
Package java.io
• Package java.io berisi kelas yang berhubungan dengan I/O di Java
• Dibagi menjadi beberapa kelas
– Reader/Writer dan turunannya
– InputStream/OutputStream dan turunannya
– I/O Network (socket TCP/IP)
– Exception


2. Kelas Abstrak pada java.io
• Ada 4 kelas abstrak dasar
– Reader
– Writer
– InputStream
– OutputStream
• Reader dan Writer digunakan untuk data Teks
• InputStream dan OutputStream digunakan untuk data biner

3. Kelas Reader/Writer
• Kelas Reader/Writer bekerja pada stream teks (bahasa apapun)
• Disebut juga character stream
• Menangani konversi teks Unicode secara otomatis
• Jangan dipertukarkan dengan InputStream/OutputStream secara sembarangan
• Hasilnya bisa error 

Diagram Kelas Reader dan Turunannya 


Diagram Kelas Writer dan Turunannya
Kelas InputStream/OutputStream
• InputStream dan OutputStream digunakan untuk mengakses informasi non teks (biner)
– disebut juga sebagai byte stream
– COntoh data biner: File EXE, file GIF
• InputStream/OutputStream Tidak menangani konversi teks Unicode secara otomatis

Diagram Kelas InputStream dan turunannya
Diagram Kelas OutputStream dan turunannya
4. Input dan Output File
• Gunakan FileInputStream dan FileOutputStream untuk membaca/menulis file non teks
• Gunakan FileReader/FileWriter untuk file teks

Contoh Membuka file untuk dibaca
• cara untuk membuka file (untuk dibaca):
FileInputStream s = new
FileInputStream(“test.dat”);
• Cara untuk membaca satu byte: int a = s.read()
• Tersedia juga method untuk membaca array of byte
• Prototype read adalah : int read()
– Perlu dicast ke byte untuk membaca sebagai byte
– Memakai int supaya cukup merepresentasikan -1

Contoh Membuka file untuk ditulis
• Cara untuk membuka file (untuk ditulisi):
FileOutputStream out = new
FileOutputStream(“test.out”);
• Intruksi untuk menulis satu byte:
– Out.write(‘a’)
• Tersedia juga method untuk menulis array of byte

Perhatikan:
• Membaca dan menulis selalu perlu try … catch
• Method read() dan write() melempar Exception java.lang.IOException
• Kasus khusus: read() mengembalikan
-1 pada end of file
• EOF (End Of File atau EndOfStream) tidak menimbulkan exception

Memakai FileReader/FileWriter
• Sama seperti contoh sebelumnya
– Ganti nama kelas FileInputStream
dengan FileReader dan FileOutputStream
dengan FileWriter
– Tetap gunakan read/write
• Perhatikan bahwa
– Nilai kembalian

5. Wrapper• Stream dapat dikomposisi atau difilter atau dibungkus untuk menghasilkan stream yang lebih kompleks
• Konsep ini mirip dengan pipe di
Unix/Windows
• Contoh:
– BufferedReader yang menyediakan readLine()
– PipedWriter/PipedReader untuk mempipe suatu stream
– PrintStream/PrintWriter untuk menulis ke stream dengan mudah

 Contoh Wrapper: BufferedReader
• Perhatikan potongan kode berikut:
BufferedReader br = new
BufferedReader(new
FileReader(“hello.txt”));
//membaca 1 baris
String teks = br.readLine();
• BufferedReader membungkus (wraps) FileReader untuk menyediakan method readLine()

Contoh Wrapper: PrintWriter
• Perhatikan potongan kode berikut:
PrintWriter pr = new PrintWriter(new FileWriter(“hello.txt”)); //Menulis 1 baris
pr.println(“Hello “);
• PrintWriter membungkus (wraps) FileWriter untuk menyediakan method print(), println() untuk semua tipe data dasar 

Membaca dari Console [1]
• Java menyediakan System.in yang class-nya adalah InputStream
• Membaca teks dari console
• Untuk membaca teks, perlu di-wrap dengan BufferedReader
• Tapi BufferedReader hanya bisa mewrap suatu class turunan Reader
• InputStream perlu di-wrap dengan InputStreamReader

Membaca dari console [2]
• Buat BufferedReader yangmembungkus InputStreamReader yang membungkus System.in
BufferedReader br = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in))
• Untuk membaca:
String s = br.readLine();
• Untuk membaca integer, teks dibaca dengan method yang sama, lalu dikonversi dengan method Integer.parseInt()

NIO (Nonblocking I/O)
• JDK 1.4 (nama Kode: Merlin) ke atas menyediakan NIO
– Ada di package java.nio
• Improvement:
– Non blocking I/O
– Buffer
– Regular Expression

[2] String dan StringBuffer
 *String
• Merupakan kelas khusus di Java (ditangani secara transparan)
• Sifatnya immutable (tidak bisa diubah)
• Memiliki berbagai method untuk memiliki manipulasi String

*Literal String
• Harap diingat lagi bahwa:
– Setiap Literal String adalah sebuah objek
String. Contoh:
String teks = “Hello”;
System.out.println(teks.length());
– Sama dengan
System.out.println(“Hello”.length()); 

*Sifat Immutable String
• String sebenarnya tidak dapat diubah, namun Java memungkinkan String seolah-olah diubah, Contoh:
– Jika dilakukan ini:
String judul = "Judul :";
judul += "Eyes On Me";
– Maka sebenarnya yang dilakukan adalah ini
String judul = "Judul :";
judul = judul.concat("Eyes On Me"); 

*Operasi String Tidak Optimal
• String baru diciptakan (string yang lama tetap ada di memori, dan dibuang ketika terjadi garbage collection)
• Untuk operasi yang banyak melibatkan perubahan string, sebaiknya menggunakan StringBuffer 

*StringBuffer
• StringBuffer mirip dengan String
• Sifatnya mutable
• Tidak ditangani secara transparan oleh Java (harus dilakukan secara manual)
• Lebih cepat untuk manipulasi string yang memerlukan perubahan pada String. 

*Sifat mutable StringBuffer
• Untuk mengubah StringBuffer tidak perlu objek baru
– Contoh :
StringBuffer nama = new StringBuffer("mataku");
nama.setCharAt(4, 'm');
• Untuk mengubah String selalu butuh objek baru (objek lama diubah melalui assignment) 

*Method yang penting
• Beberapa method String dan StringBuffer yang penting adalah:
– length(): panjang string
– replace(): mengganti suatu karakter
– charAt(): mengakses karakter di posisi tertentu
– trim(): menghilangkan spasi di awal dan di akhir string
• Perhatikan bahwa meskipun namanya sama, sifat keduanya berbeda
– String menciptakan objek baru, sedangkan StringBuffer tidak 

*Membandingkan String
• Method equals() membandingkan string untuk memeriksa kesamaan
• Method equalsIngnoreCase() melakukan hal yang sama, tapi besar kecil huruf tidak diperhatikan
• Method compareTo() menghasilkan 0 jika string sama, >0 jika String1>String2 dan <0 jika String1<String2 

[3] Kelas Matematik 
*Matematika di Java
• Fungsi matematika ada di package java.math
• Meliputi fungsi trigonometri, dan fungsi matematika standar
– Berisi juga konstanta penting (seperti PI dan e)
– Sebagian besar hasil method adalah bilangan riil (tipenya double ) 

*Memformat Hasil
• Class math tidak menyediakan cara untuk memformat keluaran (output) sehingga dapat dicetak dengan rapi
• Perlu class DecimalFormat untuk melakukan format terhadap output (DecimalFormat ada pada package java.text) 

*Beberapa fungsi matematika yang penting
• Method pow() untuk pangkat
• Fungsi-fungsi trigonometri (sin, cos, tan)
• Pembulatan hasil, meliputi
– ke atas : ceil, ke bawah: floor, dan terdekat : round
• Logaritma 

*Bilangan Acak
• Bilangan acak sangat penting dalam simulasi, permainan, dan enkripsi
• Bilangan acak dihasilkan dengan kelas Random
• Kelas Random tidak berada dalam package java.math, tapi dalam kelas java.util
– Contoh:
Random r = new Random();
int x = r.nextInt(10); //random 0..9 

*BigInteger dan BigDecimal
• BigInteger
– Integer presisi tak hingga
– Berisi semua method untuk operasi integer dan bahkan method untuk mengecek probabilitas suatu bilangan adalah prima
• BigDecimal
– Bilangan floating point presisi tak hingga
– Semua method untuk doube/float 

[4] Utility 
*Utility
• Berbagai macam kelas yang tidak cocokdimasukkan ke package tertentu
• Beberapa yang akan dibahas
– Hashtable
– Stack
– Vector
– Calendar
• Kelas lain yang cukup berguna untukdipelajari: List, Tree 

*Hashtable
• Digunakan untuk menyimpan data dengan assosiasi tertentu
– Misal nama panggilan diassosiasikan dengan nama lengkap
• Memetakan suatu nilai String dengan suatu Objek tertentu (Objek apa saja, termasuk juga Objek String)
• Method yang dipakai adalah put dan get

*Contoh
import java.util.Hashtable;
class HashtableDemo {
public static void main(String argv[]) {
Hashtable h = new Hashtable();
h.put("Linux", "Torvalds");
h.put("Windows", "Microsoft");
String nama = (String) h.get("Linux");
if (nama!=null) {
System.out.println(nama);
}
}

*Stack
• Struktur data LIFO (Last In First Out)
– Data yang masuk pertama akan keluar terakhir
• Memakai Method push, untuk meletakkan satu item di Stack dan pop untuk mengeluarkan satu item dari stack
– Ada juga method peek() untuk mengintip top of stack dan search untuk mencari elemen di Stack() 

*Contoh Stack
import java.util.Stack;
class StackDemo {
public static void main(String argv[]) {
Stack s = new Stack();
s.push("Salamku Kawan");
s.push("Jangan Takut Gelap");
s.push("Gembira berkumpul");
while (!s.empty()) {
System.out.println(s.pop());
}
}

*Vector
• Struktur data seperti array
• Sifatnya dinamis (ukurannya tidak tetap), berubah sesuai dengan elemen yang ditambahkan ke (atau dihapus dari)
Vector tersebut
• Dapat dimanipulasi dengan mudah (elemen-elemennya dapat di add, remove, atau diubah dengan mudah) 

*Contoh Vector
import java.util.Vector;
import java.util.Enumeration;
class VectorDemo {
public static void main(String argv[]) {
Vector v = new Vector();
/* tambahkan elemen */
v.add("Pelangiku");
v.add("Andai Aku Besar Nanti");
v.add("Dua Balerina");
for (int i=0; i<v.size(); i++){
System.out.println(" - " + v.elementAt(i));
}
}


*Calendar
• Dipakai untuk menangani perhitungan kalender Masehi (Gregorian)
– Dirancang untuk mendukung kalender lain
• Menyediakan informasi mengenai tanggal, (date) dan waktu (time) saat ini (misalnya hari apa, bulan ke berapa, hari keberapa dalam tahun ini)
• Menyediakan sarana untuk penghitungan waktu

*Contoh Calendar
import java.util.Calendar;
class Kalender {
public static void main(String argv[]) {
Calendar c = Calendar.getInstance();
System.out.println("Hari ini :");
System.out.println("Hari ke“
+c.get(Calendar.DAY_OF_WEEK)+" dalam
minggu ini");
}}

CONTOH PENERAPAN
package testjeni_02;
import java.io.*;

/**
 *
 * @author NieNov
 */
public class FileInfoClass {
public static void main(String args[]) {
String fileName = "C://Price Tag.txt";
File fn = new File(fileName);
System.out.println("Name: " + fn.getName());
if (!fn.exists()) {
System.out.println(fileName + " does not exists.");
/* membuat sebuah temporary directory . */
System.out.println("Creating temp directory...");
fileName = "temp";
fn = new File(fileName);
fn.mkdir();
System.out.println(fileName +
(fn.exists()? "exists": "does not exist"));
System.out.println("Deleting temp directory...");
fn.delete();
System.out.println(fileName +
(fn.exists()? "exists": "does not exist"));
return;
}
System.out.println(fileName + " is a " +
(fn.isFile()? "file." :"directory."));
if (fn.isDirectory()) {
String content[] = fn.list();
System.out.println("The content of this directory:");
for (int i = 0; i < content.length; i++) {
System.out.println(content[i]);
}
}
if (!fn.canRead()) {
System.out.println(fileName + " is not readable.");
return;
}
System.out.println(fileName + " is " + fn.length() +
" bytes long.");
System.out.println(fileName + " is " + fn.lastModified()
+ " bytes long.");
if (!fn.canWrite()) {
System.out.println(fileName + " is not writable.");
}
}
}


1 Response
  1. Unknown Says:

    blognya bagus, terimakasih share ilmunya :)


Post a Comment